TENTANG KAMI

yubelium logo 500Yubelium.com adalah situs berita nirlaba yang bertujuan untuk menyajikan berbagai berita dari seluruh penjuru dunia, termasuk pemikiran-pemikiran teologis, serta informasi lainnya dari sudut pandang kekristenan. Situs ini bersifat lintas-gereja/ekumenis dan berkomitmen kuat terhadap iman Kristen berdasarkan Pengakuan Iman Rasuli dan Nicea Konstantinopel. 

Berita-berita dan informasi penting seputar Gereja dan dunia dipublikasikan setiap akhir pekan. Breaking news (berita-berita penting mendesak) akan hadir pada saat-saat tertentu. Dengan berlangganan gratis, para pembaca dapat menerima laporan-laporan yang ditulis dengan ketajaman berpikir, penghargaan terhadap nilai-nilai kemanusiaan universal, dan kesetiaan pada pengajaran historis dan apostolik Kristen, langsung di kotak surat elektronik (email). 

Yubelium.com melihat semua denominasi gereja yang menjunjung Kabar Baik menurut kesaksian Alkitab, yaitu panggilan pertobatan dan iman dalam Yesus Kristus, sebagai bagian dari Tubuh Kristus (Gereja) di dunia ini.

Yubelium.com tidak merekomendasi, mengkampanyekan, membela institusi, organisasi, kelompok atau individu tertentu dalam pelaporannya; tidak pula dengan maksud menyudutkan, menyalahkan, menyerang institusi, organisasi, kelompok atau individu tertentu. Jurnalisme Yubelium.com berupaya menyajikan fakta dan data serta wawasan dari pemahaman Alkitab yang bertanggung jawab secara santun. Para pembaca diajak untuk bersukacita mendengar kabar baik, menggumuli kabar yang memprihatinkan, dan membawa semuanya dalam doa syukur dan permohonan kepada Tuhan.

Yubelium.com menekankan prinsip keakuratan, karena itu kritik dan koreksi yang membangun sangat diharapkan dari pembaca. Kami juga menerima laporan berita, siaran pers dan saran-saran penyajian informasi dari pembaca.

Yubelium.com menyambut partisipasi pembaca lewat komentar-komentar yang membangun. Komentar dapat dituliskan di media-media sosial Yubelium.com (lihat di bawah).

 

Sejarah

Situs news+ Yubelium ini merupakan perkembangan dari sebuah blog-magazine dengan nama Menara Penjaga (MP). Blog ini mulai aktif pada pertengahan 2012 ketika perintisnya, Ray Maleke, sedang menempuh studi magister di Michigan, Amerika Serikat.

MP hadir sebagai jawaban terhadap kebutuhan informasi yang akurat, berimbang, dan setia pada akar tradisi kekristenan di era teknologi saat ini. Hal ini yang terus dilanjutkan dan dikembangkan di platform baru yang dimulai pada awal 2014, yaitu Yubelium.com. Bersifat lintas-denominasi Kristen, Yubelium.com menghargai tradisi setiap gereja, merayakan persamaan-persamaan yang lahir dari akar kekristenan, dan membuka ruang dialog bagi pemahaman-pemahaman yang berbeda.

Pada Juli 2016 Yubelium.com – Christian News Service and Hosting Ministry (selanjutnya disebut Yubelium.com) menjadi bagian dari Matthean Community International, Ltd sebagai sayap informasi tentang perkembangan dunia dan hal-hal lainnya yang terkait kehidupan anak-anak, serta tantangan-tantangan yang mereka hadapi sehari-hari. Yubelium.com turut berupaya meluaskan kabar sukacita Injil bagi anak-anak dengan mendukung kehadiran gereja-gereja dan organisasi-organisasi Kristen di dunia maya lewat pelayanan Hosting Ministry gratis (syarat dan ketentuan berlaku).

Hosting Ministry

Bagi gereja-gereja dan organisasi-organisasi Kristen yang berkerinduan untuk menerangi dunia maya dengan berita Injil, namun terhalang oleh biaya, Yubelium.com menyediakan layanan hosting gratis (nama domain tidak termasuk dalam layanan ini). Silahkan menghubungi redaksi@yubelium.com untuk informasi selengkapnya.

Arti kata “Yubelium”

Kata “yubelium” berasal dari bahasa Ibrani yobel yang berarti “tanduk domba jantan” atau “sangkakala.” Yang disebut Tahun Yobel atau Tahun Pembebasan adalah tahun ke-50 yang diatur dalam Kitab Imamat sebagai tahun pembebasan bagi umat Israel.

Selanjutnya engkau harus menghitung tujuh tahun sabat, yakni tujuh kali tujuh tahun; sehingga masa tujuh tahun sabat itu sama dengan empat puluh sembilan tahunLalu engkau harus memperdengarkan bunyi sangkakala di mana-mana dalam bulan yang ketujuh pada tanggal sepuluh bulan itu; pada hari raya Pendamaian [Atonement] kamu harus memperdengarkan bunyi sangkakala itu di mana-mana di seluruh negerimu. Kamu harus menguduskan tahun yang kelima puluh, dan memaklumkan kebebasan di negeri itu bagi segenap penduduknya. Itu harus menjadi tahun Yobel bagimu, dan kamu harus masing-masing pulang ke tanah miliknya dan kepada kaumnya. Tahun yang kelima puluh itu harus menjadi tahun Yobel bagimu, jangan kamu menabur, dan apa yang tumbuh sendiri dalam tahun itu jangan kamu tuai, dan pokok anggur yang tidak dirantingi jangan kamu petik buahnya. Karena tahun itu adalah tahun Yobel, haruslah itu kudus bagimu; hasil tahun itu yang hendak kamu makan harus diambil dari ladang. (Imamat 25:8-12)

 

Redaksi

Editor in Chief: Ray Maleke

Editorial Board:
Yanny Mokorowu
Vic Leonhart

Layout/Art: RE’s Original Creative Studio

Pengarah Sekretariat: Villia Anita

Alamat:
Jl. Danau Tondano, 33.
Tondano Timur, Minahasa 95611 INDONESIA
Email: redaksi@yubelium.com

Visi:

Menjadi situs berita yang kritis, reflektif, informatif dan membangun bagi masyarakat secara lokal dan global.

Penjelasan visi:

Kritis:  Memuat informasi yang diperoleh lewat pengamatan, dan/atau wawancara, penelitian pustaka, dll., yang diolah dengan disertai kemampuan menganalisa berbagai latar belakang terkait, seperti politik, ekonomi, sosial dan budaya dan lain sebagainya, dan dituangkan sebagai suatu karya jurnalistik.

Reflektif: Menyajikan pemikiran yang mendalam terhadap suatu keadaan serta membuka ruang bagi para pembaca untuk secara kritis memberikan penilaian pribadi dan bercermin dari suatu peristiwa atau informasi.

Informatif: Menampilkan bahan-bahan informasi teologi maupun umum secara positif dan konstruktif.

Membangun: Menyentuh aspek yang membebaskan dan memberdayakan masyarakat.

Misi:

Melaksanakan tugas jurnalistik dengan integritas kristiani demi menghadirkan informasi yang akurat, menarik dan berimbang.

Penjelasan misi:

Integritas kristiani: Menjaga nilai kejujuran, kehormatan, kebenaran dan keadilan dalam meliput dan menyajikan informasi. Secara umum berpedoman pada nilai kemanusiaan yang universal, dan secara khusus objektivitas kebenaran berdasarkan kesaksian iman Kristen. Menolak suap, berita fitnah, termasuk menolak mengkompromikan pemberitaan demi manfaat pribadi atau organisasi.

Akurat: Penyajian informasi sesuai fakta peristiwa, data, analisa, dan argumentasi logika yang dapat dipertanggung-jawabkan.

Menarik: Penyajian informasi yang akurat dan memenuhi kaidah-kaidah penulisan, serta bersifat kreatif dan bernilai seni.

Berimbang: Memberi ruang pada perbedaan pendapat dan sudut pandang.

 

 

 SDG | AMDG 

 

Terakhir diperbarui 14 Februari 2017.