Pasien operasi yang tidak biasa: bayi tiga bulan dioperasi dalam kandungan ibu

Pasien operasi yang tidak biasa: bayi tiga bulan dioperasi dalam kandungan ibu

AMERIKA SERIKAT (Yubelium.com) — Pasien operasi kali ini adalah seorang bayi yang masih berada di dalam kandungan ibunya. Pada usia kandungan 13 minggu, hasil ultrasound menunjukkan bayi yang dikandung oleh Lexi Royer, 28, memiliki persoalan pada pembentukan tulang belakang, disebut spinal bifida. Hal yang dapat berakibat pada ketidak mampuan sang anak nantinya untuk berjalan, termasuk beberapa kemungkinan persoalan kesehatan lainnya.

Ia dan suaminya, Joshuwa Royer memutuskan untuk menempuh prosedur yang sementara dikembangkan para ahli kesehatan saat ini di Amerika Serikat, operasi di dalam kandungan.

Bayi Royer dioperasi bulan September 2017 ketika berusia 3 bulan 2 hari.

Waktu antara 24 dan 26 minggu dianggap ideal untuk operasi mengantisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan, maka sang bayi tetap memiliki kesempatan hidup di luar kandungan ibu.

Dr. Michael Belford dari Baylor College of Medicine, Houston, negara bagian Texas telah mengembangkan teknik mengangkat rahim untuk mengoperasi bayi di dalamnya.

Rahim itu masih tetap terhubung pada ibu. Ketika rahim telah berada di luar tubuh, dokter mengeluarkan carian ketuban, dan membuat dua irisan kecil, satu untuk fetoscope – kamera kecil untuk menerangi dan merekam keadaan di dalam – dan yang satunya lagi untuk alat operasi.

Bayi Royer diberi anestesi ketika melalui prosedur ini. Setelah selesai, tim dokter mengisi rahim ibunya dengan air garam dan keduanya pun kembali ke tempat semula. Bayi Royer dinantikan lahir pada Januari 2018, dan orang tuanya, Joshuwa dan Lexi menunggu dengan sabar di Houston.

Tim dokter yang mengembangkan prosedur ini melaporkan dalam jurnal Obstetrics and Gynecology telah melakukan 28 operasi sukses tanpa kematian sejak Juli 2014.

Para ahli menemukan bahwa operasi dalam kandungan untuk persoalan spinal bifida lebih baik dibanding sesudah kelahiran; meningkatkan jumlah anak-anak yang bisa berjalan sendiri sampai 40 persen.

Operasi ini diliput oleh media-media besar seperti The Telegraph dan The New York Times.

Doakan supaya bayi Royer tumbuh sehat, dan kelak bisa memahami:

Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku. Aku bersyukur kepada-Mu  oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya. (Mazmur 139:13, 14)