SBY bantah pernyataan Antasari, sebut tuduhannya bermuatan politik

INDONESIA (Yubelium.com) — Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menilai pernyataan Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Antasari Azhar bermuatan politik dan ditujukan untuk merusak nama baiknya. Antasari menuduh SBY telah mendalangi kriminalisasi terhadap dirinya.

“Antasari menuduh saya sebagai inisiator dari kasus hukumnya, seolah-olah dia tidak bersalah dan hanya menjadi korban. Dengan izin Allah, dengan tegas saya sampaikan tuduhan itu sangat tidak benar, tuduhan itu tanpa dasar, tuduhan itu liar. Tidak ada niat, tidak ada pikiran, dan tidak ada pula tindakan saya untuk melakukan tindakan yang seolah-olah mengorbankan Antasari. Kejahatan yang melibatkan Antasari tak ada hubungannya dengan posisi dan jabatan saya dan juga dengan posisi dan jabatan Antasari waktu itu,” tegas SBY dalam jumpa pers yang digelar beberapa jam setelah peranyataan mantan ketua KPK itu pada 14 Februari, demikian SulutPos (15/2).

SBY memperkirakan serangan sudah direncanakan oleh Antasari dan aktor-aktor politik di belakangnya. Ia yakin serangan itu dilakukan atas restu rezim yang berkuasa. Ditambahkannya, wajah demokrasi, kebebasan, dan keadilan di Indonesia mengalami ancaman serius.

Antasari dijatuhi hukuman 18 tahun penjara karena didapati bersalah oleh pengadilan dalam kasus pembunuhan Direktur PT Rajawali Putra Banjaran, Nasrudin Zulkarnaen dan pada tahun 2009. Setelah remisi dan pembebasan bersyarat, ia mendapat grasi dari Presiden Joko Widodo, dan bebas pada 23 Januari lalu.

Tagged with