Melayani dengan kasih Kristus: Mantan napi jadi pengelola restoran, layani para hakim dan pengacara

Ilustrasi: Pelayanan penjara (Foto: midamericaprisonministries)

Ilustrasi: Pelayanan penjara. (Foto: midamericaprisonministries)

Sebuah pelayanan penjara yang menyediakan kursus Alkitab bagi para tahanan menunjukkan bahwa kasih Kristus sanggup mengubahkan kehidupan, termasuk mereka yang harus menghuni lembaga pemasyarakatan.

Crossroad Bible Institute (CBI) telah memulai pelayanan ini di berbagai belahan dunia, termasuk di Singapura, Indonesia dan Malaysia.

Pelayanan CBI turut merangkul para tahanan yang melewati masa penyesuaian di tempat tinggal sementara sebelum mereka kembali ke masyarakat.

Mereka turut membantu pemulihan mereka yang bergumul dengan berbagai keterikatan seperti alkohol, penyalahgunaan obat-obatan, dan sebagainya.

Para peserta kursus dapat mengikuti pelajaran di penjara atau di rumah pemasyarakatan, tempat sementara bagi mereka setelah menyelesaikan masa tahanan yang dimaksudkan untuk membantu mereka kembali menyatu dengan masyarakat.

Tempat tinggal sementara bagi para mantan tahanan telah menunjukkan hasil positif.

“Sebagai contoh, saya mengunjungi sebuah restoran yang dikelola oleh sebuah rumah pemasyarakatan yang menyediakan kesempatan kerja…bagi mantan tahanan di Singapura. Saya dilayani oleh peserta pertama dalam program kami di Singapura yang sekarang ini mengelola restoran ini,” ungkap direktur internasional CBI, Cynthia Williams dikutip MNN.

“Restoran ini terletak di seberang gedung pengadilan, jadi semua peserta program, para penghuni rumah sementara ini, mereka melayani para hakim dan pengacara, yang pada dasarnya telah memasukkan mereka ke dalam sistem, dan mereka ini melayani mereka dengan kasih dan anugerah Kristus, dan merindukan untuk memberi sumbangan kepada masyarakat.”

“Peserta program yang ini, Samuel, sekarang telah menikah dan dikaruniai anak dan dalam keadaan baik sekali. Ia menunjukkan bahwa hal ini adalah karena ia memiliki hubungan dengan Kristus lewat pelajaran Alkitab dan pemuridan yang ditawarkan kepadanya.”

Sejak 2013, CBI lewat cabang pelayanan Singapura telah memulai pelayanan di Indonesia dengan menjangkau penjara-penjara di Bali, Tanbanan dan Gianyar.

Menurut keterangan di situs resminya, CBI bekerja sama dengan gereja-gereja lokal untuk menjangkau penjara-penjara setempat.

“Kerjasama strategis [dengan gereja lokal] berarti bahwa setiap pelayanan penjara sesungguhnya merupakan milik dari gereja-gereja lokal yang mendukung [program ini]. Doakan supaya Tuhan menguatkan mereka yang mengupayakan program CBI di Indonesia dan supaya lewat mereka Dia akan membawa Firman yang mengubahkan kehidupan itu kepada para tahanan.”