Perempuan muda piloti usaha pembuatan sepeda dari bambu

Salah satu perintis sepeda bambu: Bernice Dapaah dari Ghana, Afrika. (Foto: Youtube)

Bernice Dapaah, direktris Ghana Bamboo Bikes Initiative, bersama dua orang teman siswi lainnya, Kwame Kyei dan Winifred Selby, merintis pembuatan sepeda bambu dari buah pikiran sampai menjadi sebuah usaha sosial yang meraih berbagai penghargaan, antara lain: Entrepreneur for the World Award.

Winifred yang lebih muda di antara keduanya (sekitar lima tahun yang lalu ia berumur 15 tahun) merasa perlu meninggalkan sikap ketergantungan dan masa bodoh dengan keadaan yang sulit.

Sikap itu yang turut mendorong lahirnya ide membuat sepeda dari bambu.

Sekalipun menghadapi tantangan mereka tidak menyerah. Winifried mengatakan bahwa salah satu alasan mengapa tidak banyak pemuda dan pemudi Afrika yang memulai usaha sendiri adalah karena ungkapan yang melemahkan semangat dari orang lain. Bagi perempuan tantangan itu bahkan lebih besar.

Namun akhirnya oleh tekad dan kerja keras mereka, dengan bambu yang tersedia secara lokal di Ghana mereka mampu membuka lapangan pekerjaan bagi para pemuda dan pemudi, menunjang pelestarian lingkungan hidup lewat penanaman bambu yang merupakan penghasil oksigen tinggi, dan lewat usaha ini membantu anak-anak yang membutuhkan.

Saat ini sepeda bambu hasil usaha mereka telah menjadi perhatian dunia, dan turut diekspor ke sejumlah negara.

 

Terakhir diperbaiki:
7 Juni 2016, perbaikan isi tulisan dan gambar.