Bagaimana mengetahui berita hoax dan yang betulan?

hoaxBanyak berita sensasional yang dibagikan di media sosial ternyata hoax alias tidak betul.

Itu sebabnya, ketika kita melihat sebuah berita sensasional yang dibagikan ‘teman’ atau anggota grup maya, pastikanlah bahwa berita itu dapat dipertanggung jawabkan. Bagaimana caranya?

Berikut lima cara yang dapat membantu kita mengetahui apakah sebuah berita adalah hoax atau berdasarkan fakta:

 

1. Jika media menyebut sumber yang dipakai cobalah untuk menelusurinya untuk mendapatkan gambaran menyeluruh dari isi berita atau konteks sebenarnya (antara lain mengikuti link/tautan yang diberikan untuk melihat berita itu langsung di media yang memuatnya setelah memastikan bahwa situs itu aman dari malware).

2. Apakah sumber yang dipakai media memiliki wewenang dalam informasi yang disampaikan.

3. Perhatikan tempat, tanggal, kegiatan dan siapa saja yang terlibat di dalamnya.

4. Gunakan mesin pencari untuk membaca liputannya di media lain. Jika peristiwa itu penting, kemungkinan besar media-media lainnya turut meliputnya.

5. Jika tersedia lihat juga di situs resmi individu atau organisasi terkait pemberitaan untuk melihat sudut pandang mereka, atau hubungi mereka untuk mengkonfirmasi berita itu.

Anda tidak ingin membagikan informasi yang ternyata keliru bukan? Kelima poin ini dapat membantu Anda. Dan sebagi tambahan hindari membagikan berita/informasi dengan hanya membaca judulnya tanpa tahu isinya yang sebenarnya. Tak jarang judul yang diberikan media cenderung menyalah artikan.

%d bloggers like this: