Ribuan umat Kristen India berarak di Bangalore tanda solidaritas dengan Irak, Suriah, dan Afrika

Christians pray at a protest meet held at the St Joseph's Indian High School grounds in the City on Sunday, condemning the killing of their co-religionists in Iraq. dh photo

Umat Kristen di India menunjukkan solidaritas mereka terhadap saudara-saudari mereka, termasuk para korban dari latarbelakang agama lainnya, akibat kejahatan yang dilakukan kelompok teroris di Irak, Suriah, Afrika dan di tempat-tempat lainnya. (Foto: via DeccanHerrald)

Ribuan umat Kristen dari berbagai denominasi berarak di jalan-jalan di Bangalore, India, sebagai tanda solidaritas mereka terhadap orang Kristen teraniaya di Irak, Suriah dan Afrika.

“Kita harus membuat suara kita didengar,” ungkap Uskup Agung Mgr Bernard Moras, karena diam ketika diperhadapkan dengan holokaus, penyiksaan brutal dan pembunuhan berarti ikut bersekongkol dalam tindakan-tindakan melanggar nilai kemanusiaan tersebut, AsiaNews melaporkan.

Delegasi uskup dan para pemimpin Kristen juga mengajukan memorandum kepada Gubernur Karnataka, meminta supaya India menyatakan kecaman keras terhadap pembantaian umat Kristen.

Para tokoh agama Kristen juga mengimbau kepada umat beragama lain di India: Hindu, Muslim, Sikh, Jain, Buddha, dan Parsi untuk turut mengutuk penganiayaan dan pembunuhan orang-orang Kristen di Irak, Suriah dan negara-negara lain di dunia.

“Teroris telah menjadikan warga yang tidak bersalah dari semua agama, bukan hanya orang-orang Kristen, sebagai target. Eksploitasi dan kekejaman terhadap manusia yang tidak bersalah tampak tak ada habisnya, sementara tingkat pelecehan seksual terhadap perempuan terus meningkat. Adalah dosa ketika menyaksikan tindakan seperti itu dan diam. Oleh karena itu, para pemimpin dari semua agama harus bersatu dan mengangkat suara mereka melawan kejadian-kejadian seperti ini,” ungkap Uskup Agung Moras seperti dikutip media DeccanHerald.

Gereja-gereja yang turut berpartisipasi dalam arak-arakan solidaritas hari Minggu itu adalah Katolik, Anglikan (Gereja India Selatan), Methodist, Baptis, Pentakosta, Ortodoks Suriah, Injili dan denominasi lainnya.