Film: Radio

Diangkat dari sebuah kisah nyata, film Radio yang dirilis 2003 lalu dapat menjadi sebuah sumber inspirasi.

Film ini menceritakan tentang seorang pemuda, James, 23, (Cuba Gooding Jr.) yang menghadapi kondisi mental yang menantang. Ia menyenangi permainan football dan secara teratur melihat tim sekolah Hannah High School berlatih.

Teman setianya adalah sebuah troley. Tidak ada orang yang mau berteman dengannya, sampai suatu hari sebuah bola football melayang di atas pagar.

Kisah inspiratif ini pun dimulai ketika ia menaruh bola itu ke dalam troley miliknya, bukan pada seorang siswa yang datang meminta bola itu.

Pelatih tim football Coach Jones (Ed Harris), didorong oleh keinginan untuk melakukan apa yang benar sekaligus oleh suatu penyesalan di masa lalu, mulai memperlakukan James, yang karena kecintaannya terhadap radio dipanggil “Radio,” benar-benar seperti seseorang.

Sampai “Radio” pun menjadi maskot tim football dan basket di sekolah itu.

Sikap Coach Jones itu, sekalipun mendapat berbagai tantangan, mengubah keluarganya, sekolah dan kota tempat tinggal mereka. Di antaranya, film ini mengajak untuk memperlakukan orang lain dengan hormat dan cinta-kasih, di atas keterbatasan mental.

Direkomendasikan!