Telah berpulang salah satu pendiri LAI, Pdt. Prof. Dr. Latuihamallo

Pdt. Prof. Dr. Peter Dominggus Latuihamallo, alm (Foto: pgi).

Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) meratapi kepergian Pdt. Prof. Dr. Peter Dominggus Latuihamallo, salah satu pendiri Lembaga Alkitab Indonesia (LAI). Prof. Latuihamallo meninggal sekitar pukul 06.00 pagi,  9 Mei 2014, di rumah sakit PGI Cikini.

Situs PGI melaporkan, dari rumah duka RS PGI Cikini, jenazah disemayamkan di LAI, Jakarta, dan pada sekitar pukul 14.00 dilakukan kebaktian kedukaan dan penghormatan untuk almarhum yang dipimpin Pdt. Anwar Tjen, Ph.D dari LAI. Pada malam harinya dilangsungkan kebaktian dipimpin Pdt. Dr. Ishak P. Lambe.

Pak Latui, sapaan akrab almarhum, mengabdi selama 59 tahun dalam berbagai kapasitas di LAI. Sekretaris Umum MPH PGI, Pdt. Gomar Gultom, dalam refleksinya mengatakan Pak Latui dalam pelayanannya berhasil memperjelas visi LAI, menjalankan visi tersebut, dan andil dalam mempersiapkan kader-kader pemimpin gereja dan masyarakat lewat pendidikan teologi di STT Jakarta.

A. Moenir Rony, S.E., Bendahara Umum LAI, dalam sambutan mewakili Keluarga Besar LAI menyatakan syukur karena Pak Latui sudah disambut Allah Bapa. Ia berharap keluarga besar Latuihamallo dikuatkan dan diberi penghiburan.

“Ada teladan yang terus kami ingat dari bapak, yaitu: setia kepada Tuhan, setia kepada keluarga, dan setia pada pekerjaan yang dipercayakan Tuhan,” demikian terungkap dari sambutan yang disampaikan anak tertua Pak Latui, seperti dikutip pgi.or.id.

Pak Latui lahir pada 11 Agustus 1918 dan telah didahului oleh mendiang isteri Daisy Soselisa. Almarhum meninggalkan enam anak dan 10 cucu.

Almarhum turut disemayamkan di STT Jakarta di mana beliau pensiun sebagai pengajar, sebelum dilepas dalam ibadah di GPIB Paulus menuju pemakaman Tanah Kusir. Ibadah pelepasan dipimpin oleh Pdt. Dr. Andreas Yewangoe.

 

Berita lainnya:

Kebaktian Kedukaan dan Penghormatan Alm. Pdt. Prof. Dr. Latuihamallo, pgi.or.id (10 Mei 2014).

Selamat Jalan Pdt. Prof. Dr. Latuihamallo, pgi.or.id (9 Mei 2014).

Para Teolog Melepas Kepergian Alm. Pdt. Prof. Dr. P. D. Latuihamallo, pgi.or.id (12 Mei 2014).