Paus Fransiskus akan mengunjungi Yerusalem didampingi rabi Yahudi dan pemimpin Muslim

(L-R) Abraham Skorka and Omar Abboud, who will travel to the Holy Land with Pope Francis May 24-26. Credit: Latin Patriarchate of Jerusalem.

Rabi Abraham Skorka (kiri) dan Seikh Omar Abboud (kanan) akan mendampingi pemimpin Gereja Katolik Roma, Paus Fransiskus, dalam kunjungannya ke Timur Tengah (Foto: Patriakat Latin Yerusalam/CNA).

Paus Fransiskus akan mengunjungi Timur Tengah untuk pertama kali pada 24-26 Mei 2014 dan akan turut didampingi Abraham Skorka, seorang rabi Yahudi, dan Omar Abboud, pemimpin Muslim. Ini adalah pertama kalinya seorang paus membuat kunjungan resmi didampingi oleh pemeluk agama-agama lain.

Rabi Skorka, rektor Seminari Rabinik Amerika Latin, dan Sheik Abboud, direktur Institut Dialog antar-Agama dan mantan Sekretaris Jendral Pusat Keislaman Argentina, merupakan rekan dialog Paus Fransiskus ketika masih menjabat sebagai Uskup Agung di ibukota Republik Argentina, Buenos Aires.

Dalam kunjungan bersejarah ini Uskup Roma sebagai pemimpin umat Gereja Katolik akan bertemu dengan Uskup Agung Konstantinopel Gereja Ortodoks Timur, Patriark Bartholomew I.

Kunjungan ini juga ditujukan untuk mendorong dialog antara tiga agama yang melihat Yerusalem sebagai kota suci.

Menurut jadwal Paus Fransiskus akan mengunjungi Betlehem dan bertemu dengan Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, kemudian juga pimpinan umat Muslim di Yerusalem.

Ia juga akan mengunjungi Betania, di mana Yohanes Pembaptis membaptis, dan berbicara dengan para pengungsi dan orang-orang yang menyandang disabilitas.

Pertemuan dengan Uskup Agung Konstantinopel dijadwalkan pada 26 Mei di sebuah lokasi Bukit Zaitun, yang akan dilanjutkan dengan pertemuan bersama para rohaniawan.

CNA