Paus Fransiskus mengucapkan selamat merayakan Pesakh kepada umat Yahudi

Paus Fransiskus_YPaus Fransiskus menulis kepada Pimpinan Rabi di Roma, Riccardo Di Segni, mengucapkan selamat merayakan Pesakh atau Paskah kepada komunitas Yahudi Kota Abadi – dan secara umum kepada seluruh umat Yahudi.

“Dengan mendekatnya hari raya besar Pesakh saya ingin menyampaikan salam damai sejahtera yang setulusnya kepada Anda dan semua komunitas Yahudi di Roma. Memori pembebasan dari penindasan oleh tangan kuat Tuhan mengilhami pemikiran akan belas kasih, rekonsiliasi dan kedekatan persaudaraan dengan semua orang yang menderita di bawah tekanan [bentuk] baru perbudakan. Mengarahkan pikiran kita ke Yerusalem, yang dengan sukacita akan saya kunjungi dalam waktu dekat, saya meminta doa-doa Anda untuk saya sementara saya mengingat Anda dan memohonkan berkat berlimpah,” demikian telegram yang ditandatangani oleh Paus, seperti dilaporkan News.Va (15 April).

Paskah umat Yahudi 2014 dimulai saat matahari terbenam pada hari Senin, 14 April dan berlangsung 8 hari penuh memperingati keluarnya bangsa Israel kuno dari perbudakan mereka di Mesir.