Ini keprihatinan di balik peluncuran Deklarasi Keluarga Dunia

World Family Declaration

Kongres Keluarga se Dunia (World Congress of Families, WCF) meluncurkan Deklarasi Keluarga Dunia, sebuah inisiatif untuk menjaga institusi keluarga dalam masyarakat.

“Belum pernah sebelumnya ada sebuah panji universal yang menyatukan semua orang untuk bersama melindungi keluarga alami, dan belum pernah (institusi keluarga) membutuhkan perlindungan mendesak seperti sekarang ini…Deklarasi Keluarga Dunia adalah untuk menjawab kebutuhan dan menjadi panji itu,” kata Direktur WCF untuk urusan PBB Doug Clark seperti dikutip Christian Newswire.

Deklarasi itu dapat diakses online di www.worldfamilydeclaration.org (terjemahan Bahasa Indonesia di bawah), dan para pemerhati yang ingin melestarikan keluarga sebagai fondasi masyarakat dapat menunjukkan dukungan mereka dengan tanda tangan elektronik.

“Kami masyarakat dari berbagai negeri dan budaya” demikian kata-kata pembuka Deklarasi tersebut.

Deklarasi Keluarga Dunia didasarkan pada Pasal 16 (3) Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, yang menyatakan, “Keluarga adalah kesatuan yang alamiah dan fundamental dari masyarakat dan berhak mendapatkan perlindungan dari masyarakat dan negara.”

111 negara di dunia mengadopsi ungkapan Deklarasi Universal HAM itu dalam konstitusinya; banyak yang memakainya kata demi kata, sementara yang lain menggambarkan keluarga dalam variasi seperti “dasar alamiah dan moral komunitas manusia” (Niger), “dasar bangsa” (Filipina), “batu penjuru” masyarakat (Yunani), “pilar fundamental” (Afghanistan), “institusi dasar” (Colombia), atau “inti fundamental” (Chile).

Deklarasi ini mengungkapkan sangat prihatin “dengan meningkatnya bencana yang menimpa anak-anak dan masyarakat karena kemunduran yang pesat dari pernikahan dan keluarga.”

Berbicara pada peluncuran Deklarasi ini di Hotel ONE UN New York baru-baru ini, Sekretaris Internasional WCF Allan Carlson mengungkapkan rasa salut terhadap negara-negara yang memuat bahasa perlindungan keluarga alami dalam konstitusi mereka. “Bahkan apabila dan ketika tindakan pemerintah menyimpang dari prinsip ini, ketentuan konstitusional demikian ada di situ sebagai teguran dan panggilan untuk kembali ke tatanan yang baik,” kata Carlson.

“Ini adalah harapan saya,” lanjut Carlson, “bahwa Deklarasi Keluarga Dunia akan memainkan peran penting untuk kembali menggalang perhatian internasional bagi unit yang paling penting dari masyarakat, keluarga alami.”

Direktur WCF Clark turut menambahkan, “Hari ini kita mengibarkan panji untuk mengingatkan dunia tentang peran mendasar dan tak tergantikan keluarga. Dalam kata-kata Deklarasi, ‘Kami mendesak warga masyarakat, para pemimpin, dan tokoh-tokoh berpengaruh di mana pun juga untuk menempatkan sebagai prioritas tertinggi mereka perlindungan dan penguatan insititusi keluarga’.”

 

Terjemahan Bahasa Indonesia Deklarasi Keluarga Dunia