Salah satu jemaat terbesar di PC(USA) putuskan pindah, sekalipun membayar 101 milyar

About MPPC

Pemimpin jemaat MPPC Pdt. John Ortberg (Foto: MPPC).

Jemaat Menlo Park Presbyterian Church (MPPC) salah satu jemaat terbesar di Presbyterian Church(USA) (Gereja Presbyterian di Amerika Serikat) 2 Maret lalu memutuskan untuk mengakhiri keanggotaannya dalam gereja tersebut dan bergabung dengan sebuah denominasi Presbyterian yang baru terbentuk 2012 lalu.

MPPC yang berlokasi di wilayah San Francisco Bay Area adalah kesembilan terbesar dalam PC(USA) dengan anggota sekitar 4.000, termasuk mantan Menteri Luar Negeri AS Condoleezza Rice, ReligionNewsService melaporkan.

Menurut surat keterangan pemimpin gereja, Pdt. John Ortberg, juga seorang penulis terkenal, keputusan untuk meninggalkan PC(USA) didukung oleh 2.024 suara, sedang yang menentang adalah 158.

Jemaat MPPC memutuskan untuk mempertahankan gedung gereja dan fasilitasnya serta membayar biaya untuk meninggalkan PC(USA) kepada Presbytery wilayah San Fransisco total hampir sembilan juta dollar AS (sekitar 101 milyar rupiah).

“Ini adalah tonggak sejarah yang penting, dan bukan akhir tetapi awal. Masih ada banyak hal yang akan datang dari…kehidupan unik petualangan spiritual dalam hidup dengan Tuhan setiap hari – masuk sepenuhnya ke dalam kabar baik yang dibawa Yesus, bagi diri kita sendiri, dan bagi kita sebagai sebuah gereja,” Pdt. John Ortberg menekankan dalam suratnya.

Jemaat MPPC memutuskan untuk bergabung dengan ECO: A Covenant Order of Evangelical Presbyterian (Perjanjian Keteraturan Presbyterian Injili). Sebanyak 115 gereja Presbyterian lainnya telah bergabung dengan denominasi gereja ini sejak didirikan pada 2012, dan baru-baru ini menjadi anggota World Communion of Reformed Churches (Persekutuan Gereja-Gereja Reformasi se-Dunia).

Salah satu isu pentingnya dalam pergantian ini berkaitan dengan identitas, yaitu pemahaman Jemaat MPPC tentang siapa Yesus dan otoritas firman Allah yang “semakin tidak sejalan dengan PC(USA),” demikian disebut dalam alasan pergantian denominasi Jemaat Menlo Park dari PC(USA) ke ECO.

Dokumen itu menyebut bahwa walaupun dalam konstitusi PC(USA) kedua prinsip itu diakui secara jelas, namun dalam prakteknya banyak pemimpin jemaat yang tidak lagi mengikutinya, kemudian tidak ada tindakan disiplin. Sementara gereja-gereja di lingkungan ECO mengangkat perjanjian bersama untuk mengikuti “Prinsip Dasar” iman Kristen yang sesuai dengan warisan teologi Presbyterian Reformasi, termasuk keselamatan hanya lewat Kristus dan kecukupan, kebenaran, dan otoritas firman Allah.

Alasan lainnya meliputi misi gereja, sistem pengorganisasian, dan kepemilikian aset gereja.

Sejumlah gereja terbesar di lingkungan PC(USA) juga telah menempuh upaya untuk memisahkan diri. Jemaat First Presbyterian Church Houston, gereja terbesar ketujuh dengan lebih dari 4.000 anggota, juga telah berupaya untuk bergabung dengan ECO, tetapi suara yang dibutuhkan untuk dua pertiga mayoritas kurang 36 orang.

Tahun lalu, Presbyterian Highland Park Church, Texas dengan sekitar 4.000 anggota, memilih untuk meninggalkan PC(USA) dan bergabung dengan ECO, dan sampai saat ini masih dalam sengketa properti dengan PC(USA).