Hubungan duduk terlalu lama dan resiko kematian

Simulasi siklus berjalan manusia dalam animasi 3D (gambar: Maximilian Schönherr).

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Archives of Internal Medicine menunjukkan bahwa duduk terlalu lama dapat meningkatkan resiko kematian lebih awal.

Penelitian tersebut melibatkan 222.497 orang dewasa di Australia. Hasilnya mereka yang duduk lebih dari 11 jam per hari memiliki tingkat resiko paling tinggi kematian oleh berbagai sebab. Mereka yang duduk antara 8 dan 11 jam mengikuti. Sedang mereka yang duduk kurang dari 4 jam memiliki resiko paling kurang.

Berbagai resiko kesehatan terkait pola duduk terlalu lama di antaranya adalah sakit jantung, kegemukan (obesitas), penyakit gula (diabetes), termasuk kepikunan (dementia).

EveryDayHealth.com memberi beberapa tips untuk mengurangi resiko tersebut: 1) berjalan kaki atau naik sepeda ke tempat kerja ; 2) berdiri ketika melakukan pekerjaan tertentu seperti menerima telpon; 3) tetap aktif melakukan gerakan ketika berkerja. Sekiranya mungkin tetapkan pula waktu untuk berdiri dan/atau berjalan; 4) dan coba lakukan gerak olahraga ketika iklan menginterupsi tontonan televisi Anda.